Sabtu, 16 Maret 2013

PERKEMBANGAN USER

PERKEMBANGAN USER

Perkembangan User internet pada dahulu kala tidaklah banyak, awalnya internet hanya digunakan pada dunia kemiliteran Amerika Serikat, hal ini di tujukan untuk membantu agen-agen melakukan komunikasi dengan jarak jauh.
Sejarah perkembangan internet tak lepas dari peran seorang pria bernama Robert Taylor mencoba mengembangkan ARPAnet dan pada 29 Oktober ia berhasil membuat link yang saling menghubungkan pusat penelitian di Stamford, Amerika Serikat dengan University of California, Los Angeles. Kedua tempat tersebut berjarak kurang lebih 300 mil, tentunya sebuah prestasi yang cukup membanggakan pada saat itu.
Kemudian jaringan internet ini terus dikembangkan pada Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.
2 bulan kemudian atau tepatnya pada 2 Desember, 2 node telah ditambahkan yaitu University of Utah dan University of California, Santa Barbra. Pada tahun 1981 itu telah terdapat total 213 host, hal ini adalah pertumbuhan yang besar meskipun saat itu biayanya masih cukup mahal. Tak mau kalah, NASA menciptakan jaringan yang lebih baik, mereka mengembangkan TCP / IP yang menghubungkan ilmuwan di seluruh dunia hingga totalnya mencapai 20.000.

Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (jaringan militer). Tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi latar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA internet, tapi kelamaan disebut sebagai internet saja. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini berkembang menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya terdiri atas universitas dan konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika.
 Pada Maret 1990 ARPANET dibubarkan dan saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, Skandinavia, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada dan Jepang. - Tokoh Ilmuwan Penemu

Hingga saat ini internet masuk ke Indonesia dengan berkembangnya ISP. Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasiIndoNetyang dipimpin oleh Sanjaya.IndoNetmerupakan ISPkomersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL  belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internetdilakukan menggunakan dial-up olehIndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. LokasiIndoNetmasih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosenUI

dengan demikian perkembangan user internet hingga sampai saat ini sangatlah pesat, karena internet sangat bermanfaat dan memudahkan kita dalam melakukan pencarian pada dunia maya begitu juga bagi para pencetus perkembangan internet mereka yang telah membawa perubahan untuk dunia kita kedepan nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar