Senin, 18 Maret 2013

PENGALAMAN PERTAMA SAAT UJIAN AKHIR SEMESTER


Gatot Wicaksosno
53411017
2ia09


UAS merupakan Ujian Akhir Semester yang sebagaimana umum nya pada dunia pendidikan. Setiap pelajaran kita akan dihadapi dengan kenaikan kelas atau tingkat. Begitu juga pada dunia perkuliahan di perguruan tinggi (UNIVERSITAS GUNADARMA)
Pengalaman pertama saya ketika menghadapi uas di perguruan tinggi ini sangatlah berbeda dengan Ujian Akhir pada sekolah. Adapun yang membedakan Ujian Akhir Semester di kampus saya dengan Perguruan Tinggi Lain nya missal nya :
jadwal UAS yang sangat lama hampir sebulan lama nya, bagi saya ini sangat membantu untuk memahami pelajaran UAS di hari yang akan dating, namun sebagian tidak begitu juga, mungkin di kalangan mahasiswa lain nya hal ini sangat jenuh karena terlalu lama menunggu jadwal UAS berikut nya sehingga konsentrasi belajar akan berpengaruh.
Adapun pengalaman unik saya ketika saya bertemu dengan pengawas Ujian Akhir Semester yang kebetulan beliau adalah tetangga saya. Ketika pengawas tersebut memeriksa KRS, sontak beliau kaget melihat saya ujian di ruangan yang beliau awasi. Tak perlu membuang-buang waktu saya pun bergegas untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Setelah satu jam berlalu soal yang saya isikan pada lembar jawaban hampir setengah nya selesai, namun konsentrasi saya pun pecah saat teman-teman saya diam-diam berdiskusi.
Namun pengawas tidak menegur nya, haal ini tidak di siasiakan oleh para mahasiswa lain nya. saya pun merenung sejenak “mengapa pada saat UAS ini sangat kental akan kecurangan bahkan pada pengawas nya juga”. Setelah waktu selesai, lalu saya mngumpulkan lembar jawaban kepada pengawas. Sebelum saya beranjak dari meja pengawas, pengawas itu berkata “saya berbeda dengan pengawas yang lain, saya tidak menegur namun dengan HP inilah semua akan terjawab di berita acara panggilan” ujar dosen FE tersebut. Sontak , saya pun kaget mendengar ucapan beliau. Ternyata selama kita mengerjakan UAS, pengawas tersebut merekam aktivitas kita. Dalam hati kecil saya “untung saja saya tidak terpengaruh dengan teman-teman saya”
Kesimpulan : percayalah pada diri sendiri jangan terpengaruh dengan orang lain. Kita harus fokus walaupun jadwal uas yang menjenuhkan dan bersikaplah baik karena tidak hanya manusia lah tetapi tuhan juga mengawasi semua kegiatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar