Rabu, 10 Oktober 2012

NEW MEDIA


KONSEP DASAR NEW MEDIA dan CONTOH APLIKASI NEW MEDIA

*New media adalah Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).

*Pandangan tentang new media : adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. 
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan user-generated media lainnya.
Terbang (2002) menyatakan bahwa sebagai hasil dari evolusi teknologi media baru, globalisasi terjadi. Globalisasi umumnya dinyatakan sebagai “lebih dari perluasan kegiatan di luar batas-batas negara bangsa tertentu”. Globalisasi lebih pendek jarak antara orang di seluruh dunia dengan komunikasi elektronik (Carely 1992 di Flew 2002) dan Cairncross (1998) mengungkapkan perkembangan yang besar sebagai kematian “dari” jarak jauh. media baru “radikal memecahkan hubungan antara fisik dan tempat tempat sosial, membuat lokasi fisik jauh kurang berarti untuk hubungan sosial kita” (Croteau dan Hoynes 2.003: 311).
Namun, perubahan dalam lingkungan media baru menciptakan serangkaian ketegangan dalam konsep “ruang publik”.

*Manfaat New Media 


1.   Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja
.
2. Sebagai Media transaksi jual beli

3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll

4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun,   bahkan bertatap muka dengan video conference
.
            5. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis






*Komponen New Media

               Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial 
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.


*Aplikasi New Media

Whatsapp “WhatsApp Messenger” adalah sebuah aplikasi messaging smartphone yang menggunakan 3G atau WiFi yang bisa mengirim serta menerima pesan, gambar, catatan suara, pesan video,  yang dapat dijalankan pada multiplatform smartphone seperti BlackBerry, IPPhone, Android, Nokia. WhatsApp  sendiri merupakan salah produk unggulan Nokia  dibidang instant messaging untuk menandingi kedigjayaan BBM (BlackBerry Messaging).
Perbedaan utama dibandingkan BBM, WhatsApp lebih bersifat terbuka/open tidak seperti BBM yang hanya berjalan pada perangkat Blackberry saja, identitas pengguna berdasarkan pada nomor telepon, bukan dari nomor PIN, sehingga proses add friend akan lebih mudah, disamping itu apabila aplikasi WhatsApp telah terinstall di SmartPhone maka secara otomatis aplikasi ini akan mengenali setiap kontak telepon yang sudah menjalankan aplikasi ini



CatFiz Android Messenger,  seperti namanya CatFiz adalah aplikasi yang berbasis chat seperti chat kelas atas Aplikasi Bbm. Aplikasi ini berjalan pada Handset Android, dan yang patut di banggakan CatFiz ini adalah hasil dari karya anak indonesia hebat bukan. CatFiz adalah sebuah aplikasi messenger seperti bbm yang berjalan pada System Android. Yang penggunaanya seperti Aplikasi BBM for Android. Jadi bila anda penggua BBM pasti anda akan mengenal dan familiar menggunakan Catfiz ini







Aplikasi instant messaging (IM) bernama Line, kini sedang naik daun. Aplikasi yang dirilis pada Juni 2011 ini telah diunduh setidaknya 20 juta kali dengan pengguna lebih dari 30 juta.
Sama seperti WhatsApp, Line menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya untuk saling berhubungan. Line saat ini tersedia untuk iOS dan Android, dan bisa diunduh secara gratis di App Store  dan Google Play .
Jika dibandingkan dengan aplikasi populer WhatsApp, Line memang memiliki beberapa keunggulan. 

*Pertama, Line memberikan layanan free call. Ini adalah layanan telepon tanpa menggunakan pulsa, melainkan dengan koneksi data internet. Line akan menghubungkan panggilan ke server mereka.
*Kedua, grup yang dibentuk dalam aplikasi Line bisa menampung 100 anggota. Sementara WhatsApp maksimal hanya 11 orang.
Yang membuat Line berbeda dari aplikasi IM lainnya  adalah emoticon yang bervariasi.
Ada Emoji yang menggambarkan kepala dengan bermacam ekspresi, lalu Emoticons berupa susunan karakter teks yang juga membentuk ekspresi, serta ada Stickers. Nah, Stickers inilah yang cukup unik untuk Line, karena gambar ikonnya lucu-lucu, berukuran besar dan lebih ekspresif.






KakaoTalk adalah aplikasi terbaru yang bisa digunakan oleh pengguna iOS, Android dan Blackberry. Aplikasi chat Multi Platform buatan Korea ini tampaknya bisa menjadi alternatif yang baik untukdipakai chating ke antar device.Aplikasinya terlihat sederhana dan mudah untuk digunakan. Seperti WhatsApp, aplikasi KakaoTalk mewajibkan kita untuk memasukkan no handphone kita untuk tujuan klarifikasi dan pengaktifan aplikasi.






*Pro & Kontra New Media
banyak situs-situs jejaring sosial New Media, diciptakan dengan tujuan-tujuan yang baik bagi para penggunanya. Namun sangat disayangkan banyak penguna yang menyalah gunakan tujuan baik situs-situs jejaring sosial tersebut. Dimana penyalah gunaan yang terjadi tentu memberikan nilai negatif bagi situs jejaring sosial. Seperti yang terjadi pada beberapa kasus yang ramai diberitakan, sebagian orang justru menyalahkan situs jejaring sosial. Seperti : penculikan anak , mengunggah foto yang syur , mencemarkan nama baik instansi dll.
Namun di samping itu , new media sangat banyak manfaatnya, tergantung bagaimana kita sebagai user memahami dan memanfaatkan nya secara baik .


Sumber refrensi : www.google.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar